Petugas Gizi RSUD Bulukumba Bagi Tips Mengendalikan Tekanan Darah atau Hipertensi

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Hipertensi adalah merupakan suatu kondisi tekanan darah tinggi, dimana tekanannya dapat mencapai diatas 140/90.

Dimana kenaikan tersebut terjadi pada kedua ukuran tekanan yakni sistol dan diastole.

Hal itulah yang mendasari petugas dari Poli Klinik Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan menggelar penyuluhan bagi pasien rawat jalan RSUD tentang cara Mengendalikan Tekanan Darah Serta Hindari Hipertensi

Kasubag Humas dan Promkes RSUD, Gumala Rubiah, pada kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya menyimak materi yang diberikan untuk menambah pemahaman serta pengetahuan kita tentang cara menghindari tekanan darah tinggi.

Tentunya hipertensi dapat kita hindari dengan pola hidup sehat serta selalu menjaga pola makan,” papar Gumala saat membuka acara yang digelar di ruang tunggu poli pemeriksaan rawat jalan RSUD, Kamis (30/8/2018).

Sementara itu petugas poli gizi yang diwakili oleh A. Rahmatia yang sekaligus membawakan materi penyuluhan, menyampaikan, bahwa ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan hipertensi.

Overweight atau obesitas, riwayat keluarga, asupan makanan yang tinggi garam, merokok dan minum alkohol, kurang olahraga, serta stress,” jelas Tia.

Tia menambahkan, bahwa 9 dari 10 orang yang menderita hipertensi dalam beberapa tahun belum merasakan gejala, namun penderita baru menyadari setelah beberapa kali dilakukan pengkuran tekanan darah dan ternyata tekanan darah tingginya menetap.

Olehnya itu perlu bagi kita mengetahui tanda dan gejala apa saja pada penderita hipertensi, antara lain, penglihatan kabur, berat pada tengkuk, sesak nafas, pusing dan cepat lelah,” tutur wanita berkacamata ini.

Namun demikian, itu semua dapat di hindari dengan pola hidup sehat, dengan menghindari makanan yang berlemak, berminyak, bersantan.

Dan tentunya rajin berolahraga serta rutin memeriksakan kondisi kesehatannya di tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas maupun Rumah Sakit,” imbuhnya. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply