Masyarakat Wajib Tahu Peran dan Fungsi TP2RJ Rumah Sakit

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Bagi mereka yang sudah pernah berobat jalan di rumah sakit, mungkin kata TP2RJ sudah tidak asing lagi baginya. Namun apa sebenarnya yang dimaksud TP2RJ?

Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan atau Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TP2RJ), atau sering disebut juga loket pendaftaran rawat jalan bagi pasien rawat jalan rumah sakit.

Salah satu fungsi TP2RJ adalah adanya proses pencatatan dan pengimputan identitas pasien dalam formulir rekam medis rawat jalan, sebagai data dasar pasien dan buku register pendaftaran pasien rawat jalan,” kata Gumala Rubiah Kasubag Humas dan Promkes RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (8/1/2019).

TP2RJ memiliki fungsi atau peranan dalam pelayanan pasien adalah sebagai pemberi pelayanan yang pertama kali diterima oleh pasien atau keluarganya, sehingga TP2RJ harus memberikan mutu pelayanan yang baik dan maksimal

Seperti kecepatan, ketepatan, kelengkapan berkas bahkan pemberian informasi yang jelas,” jelas Mala sapaan akrabnya.

Lajut Mala, terkait dengan kelengkapan berkas, pasien harus membawa kartu identitas diri seperti KTP dan kartu jaminan kesehatan yakni BPJS atau KIS.

Dan untuk rujukan, pasien harus memberikan atau memperlihatkan surat keterangan rujukan dari Puskesmas atau dokter keluarga.

Ini dimaksud untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan pada unit tersebut. Diharapkan, semoga dengan pemberian informasi ini, masyarakat lebih mengetahui dan paham tentang tujuan dan fungsi dari TP2RJ di rumah sakit,” pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply