RSUD Bulukumba Studi Banding Akreditasi SNARS Edisi 1 di RSAU dr.M.Salamun Bandung

BANDUNG, INFOTANEWS.COM – Managemen RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba melakukan kunjungan kerja/Benchmarking  di RSAU dr.M.Salamun, Jln.Ciumbuleuit No.203, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019).

Mereka di Bandung, selama 2 hari, 2-3 Mei 2019. Adapun tujuannya, studi terkait Re Akreditasi SNARS Edisi 1 yang telah di lalui oleh RSAU dr.M.Salamun, Bandung.

Kunjungan dipimpin Direktur RSUD Bulukumba dr.H.Abdur Rajab, MM didampingi Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD H.Saharuddin, Ketua Akreditasi RSUD dr.Rizal Ridwan Dappi, managemen, dewan pengawas RSUD dan beberapa perwakilan Pokja pokja RSUD Bulukumba. Mereka di terima langsung Kepala RSAU dr.M.Salamun, Kolonel Kes dr.Sriharto, S.Pm bersama jajarannya.

Kepala RSAU dr.M.Salamun, Kolonel Kes dr.Sriharto, S.Pm menyambut baik dan menyampaikan selamat datang kepada Direktur RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di RSAU dr.M.Salamun.

Dalam sambutannya, dr.Sriharto mengaku bangga kedatangan tamu dari Kabupaten Bulukumba. Dia mengaku, bahwa mendengar nama Bulukumba menurutnya sudah tidak asing lagi.

Pasalnya, dirinya sudah pernah bertugas di Makassar, Sulawesi Selatan sejak 10 tahun silam. Dirinya juga sudah pernah menginjakkan kakinya di Bulukumba saat bertugas di Selayar.

“Selamat datang bapak-bapak dan Ibu-ibu di RSAU dr.M.Salamun, semoga apa yang bapak lakukan hari ini mendapatkan hal yang positif. Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Adapun tujuan akreditasi rumah sakit adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, sehingga sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang semakin selektif untuk mendapatkan pelayanan yang bermutu.

Sementara itu, Direktur RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, dr.H.Abdur Rajab dalam sambutannya lebih awal mempromosikan destinasi wisata yang ada di Bulukumba, Pantai Bira dan pembuatan Kapal Pinisi yang sudah di akui UNESCO kepada Ketua RSAU dr.M.Salamun dan managemennya.

“Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba telah berhasil mendapatkan peringkat Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Penilaian untuk akreditasi ini berdasarkan pada Standar Pelayanan berfokus kepada Pasien, Standar Manajemen Rumah Sakit, Keselamatan Pasien, dan Sasaran Milenium Development Goals,” ujarnya.

Ketua Akreditasi RSUD Bulukumba, dr.Rizal Ridwan Dappi, menambahkan, keberhasilan meraih akreditasi nasional dengan hasil kelulusan Paripurna ini bukanlah akhir, namun merupakan bagian dari proses upaya peningkatan mutu secara terus menerus dan berkesinambungan.

“Ada 15 Pokja RSUD Bulukumba yang mengukuti studi banding di RSAU dr.M.Salamun Bandung. Ke 15 Pokja RSUD Bulukumba ini kemudian kita bagi tugas untuk mempertemukan mereka dengan Pokja RSAU dr.M.Salamun, lalu mereka saling bertukar pikiran atau berbagi ilmu,” jelas dr.Rizal.

Hari pertama, rombongan RSUD Bulukumba mendengarkan presentase dari Ketua Akreditasi RSAU Salmun Kolonel dr.Djony Djuarsa S.Pm di Gedung Serbaguna RSAU dr.M.Salamun. Dan dilanjtukan bimbingan dari Pokja Pokja akreditasi.

Diakhir acara dilanjutkan penyerahan Cenderamata miniatur perahu Pinisi oleh Direktur RSUD Bulukumba ke Kepala RSAU dr.M.Salamun Kolonel Kes dr.Sriharto S.Pm.

Editor : Redaksi

Leave a Reply