Musim Penghujan, RSUD Bulukumba Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Penyakit DBD

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Memasuki musim penghujan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan, menghimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kemungkinan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD)

Hal itu, disebabkan, karena pertumbuhan nyamuk akan semakin tinggi pada saat musim penghujan

Direktur RSUD Bulukumba, dr.H.Abdur Radjab H,MM, menghimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai munculnya kasus DBD, terlebih pada awal masuknya musim penghujan ini.

“Mari tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh, terutama jangan lupa memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal,” kata dr.Rajab, Selasa (11/6/2019).

Menurutnya, jika ada masyarakat yang mengalami gejala DBD untuk sesegera mungkin memeriksakan kondisinya di tempat pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas dan Rumah Sakit.

Sementara itu, Kasubag Humas dan Promkes RSUD, Gumala Rubiah menjelaskan, sebenarnya ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk menghambat pertumbuhan jentik nyamuk penyebab DBD.

Antara lain, yakni dengan menggalakkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di mana cara tersebut dianggap efektif memutus rantai perkembangan nyamuk Aedes Aegypti yang menularkan penyakit DBD.

“Bisa dengan cara mengubur barang – barang bekas, contohnya seperti plastik atau wadah lain yang berpotensi menjadi tempat genangan air. Hal itu sangat bagus menekan pertumbuhan nyamuk ini,” kata Gumala Rubiah.

Senada dengan Direktur RSUD, dirinya juga mengimbau, jika sudah muncul tanda – tanda penyakit DBD, maka segera untuk memeriksakannya ke dokter.

“Adapun gejala lanjut yang biasanya muncul seperti demam tinggi, mual, muntah, hingga sakit kepala yang tak tertahan,” imbuhnya. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply