RSUD Bulukumba Imbau Warga Waspada Penyakit di Musim penghujan

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Musim hujan bisa dibilang sebagai musim rawan penyakit karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih mudah berkembang biak, apalagi jika daya tahan tubuh lemah. Hal tersebut, pastinya akan semakin membuat rentan oleh serabgan penyakit.

Oleh sebab itu, mengenali berbagai penyakit yang biasa terjadi di musim hujan akan membuat lebih mawas diri untuk semakin waspada dalam mencegah dan menghindarinya.

Kasubag Humas dan Promkes RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Gumala Rubiah, menyampaikan bahwa ada beberapa penyakit yang paling sering muncul saat musim hujan.

Yakni antara lain, seperti Influenza atau flu, Diare, Demam Tipoid (types), dan Demam Berdarah Dengue (DBD)

“Dan yang paling sering terjadi adalah flu, penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebar melalui batuk, bersin, atau benda yang sudah terkontaminasi. Meski flu bersifat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun harus tetap diwaspadai,” ungkap Gumala Rubiah.

Selain Flu, menurut Mala yang sering terjadi juga adalah DBD, dimana DBD bukan hanya menyerang anak-anak namun juga orang dewasa.

Perlu diketahui, Demam berdarah Dengue (DBD) adalah merupakan salah satu jenis penyakit menular di musim hujan yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, dimana perkembang biakan nyamuk tersebut lebih cepat terjadi di musim penghujan.

Dia juga berbagi tips cara mengatasi penyakit musim hujan. Saat mengalami penyakit musim hujan, biasanya kebutuhan cairan akan meningkat, terutama jika merasakan demam, mengalami diare, dan muntah -muntah. Olehnya itu kebutuhan cairan tubuh sangat disarankan

Seperti diketahui, cairan tubuh tidak hanya mengandung air tetapi juga ion untuk menjaga keseimbangan tubuh agar metabolisme tetap optimal

“Selain itu, untuk menghindari penyakit akibat virus dan kontaminasi makanan, biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas,” imbuhnya.

Dia bergarap Semoga dengan pola hidup bersih dan sehat yang dilakukan, kita dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply