RSUD Bulukumba Perkenalkan Dokter Spesialis Orthopedi

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Guna meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Terus melakukan upaya dan inovasi dalam pelayanan termasuk pemenuhan dokter spesialis.

Sebagai rumah sakit tipe B, dan menjadi rujukan wilayah selatan- selatan Sulawesi Selatan, RSUD Bulukumba tetap konsisten dalam menyediakan sarana dan prasarana medis termasuk SDM kesehatan yang mumpuni.

Kepala Bidang Pelayanan Medik (Yanmed) RSUD Bulukumba, dr. Muh. Amrullah, menyampaikan bahwa penyediaan dokter spesialis orthopedi tersebut sudah sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

“Keinginan masyarakat terhadap rumah sakit untuk menyediakan layanan poli klinik orthopedi sangat besar, ditambah lagi banyaknya kasus kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang yang masuk di IGD,” ungkap dr. Muh. Amrullah.

Dikatakannya, lanjut dr. Amrul, dengan adanya dokter orthopedi di rumah sakit diharapkan dapat mengurangi rujukan terkait kasus tulang, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi untuk berobat maupun melakukan konsultasi.

“Ini merupakan aset Bulukumba, khususnya di RSUD untuk semakin meningkatkan pelayanan. Sehingga harapan masyarakat terkait kebutuhan layanan orthopedi dapat terwujud,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Bulukumba, dr. H. Abdur Rajab H,MM. Menyambut baik kedatangan dokter orthopedi tersebut. “Semoga dengan bergabungnya dokter spesialis yang baru ini, dapat berdampak pada peningkatan pelayanan di rumah sakit,” katanya.

Adapun dokter orthopedi yakni, dr. Muh. Alihasti, Sp.OT, kelahiran Sidrap 7 Maret 1976. Merupakan dokter spesialis orthopedi dan traumatologi, waktu buka poli klinik rawat jalan Senin s/d Jumat.

Beberapa hal yang Perlu diketahui Seputar Ortopedi. Berikut penjelasan dr.Alihasti.

Ortopedi merupakan cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada pemeriksaan, pengobatan serta pengcegahan terkait penyakit atau gangguan sistem muskuloskeletal atau sistem pergerakan tubuh seperti fungsi tulang, persendian, otot dan saraf

“Jadi masalah orthopedi bukan hanya menyangkut kesehatan tulang, namun juga seluruh anggota gerak yang ada pada tubuh,” ungkap dr. Alihasti, Sp.OT.

Selain itu, dalam orthopedi ada tindakan yang diberikan seperti operasi atau pemasangan pen pada kasus fraktur, dan juga bedah terkait masalah tulang dan persendian.

Lebih jauh, dr. Alihasti, menekankan bahwa klinik orthopedi juga berfungsi sebagai tempat konsultasi terkait tulang dan persendian terkhusus bagi mereka yang mengalami rasa sekit atau nyeri.

Adapun masalah- masalah umum yang bisa dikonsultasikan antara lain seperti; kesulitan menggunakan bagian tubuh tertentu untuk melakukan fungsinya sehari-hari, misal naik turun tangga atau sakit punggung dan bahu, Nyeri otot, susah untuk meluruskan punggung, termasuk peradangan pada bagian sendi dan lainnya.

“Secara umum gejala nyeri di bagian tulang manapun pada tubuh dapat dikonsultasikan,” jelasnya. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply