DPP KKB Cari Atlet Sepak Bola untuk Porprov 2022

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Sejak Dewan Pengurus Pusat (DPP) Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) di kukuhkan April 2019 lalu, KKB terus memperlihatkan program nyatanya.

Kali ini, KKB akan menggelar perhelatan akbar sepakbola terbesar di Butta Panrita Lopi, Januari 2020 mendatang.

Kejuaraan “Piala KKB ke-1 tahun 2020” dengan tema “Jalin Kebersamaan dengan Menjunjung Tinggi Sportifitas” ini akan dilaksanakan di tiga Lapangan Sepakbola di Bulukumba.

Yakni, Lapangan Sepakbola H Andi Sulthan Dg Radja di Ponre Kelurahan Matekko, Lapangan Sepakbola Dannuang di Ujung Loe, dan juga Lapangan Sepakbola Bicari di Desa Palambarae.

Ketua Panitia Pelaksana Sofyan Haeruddin, Rabu (13/11/2019), mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Sekretaris DPP KKB Bulukumba Hendra Pachri.

“Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Bapak Bupati Bulukumba, Ketua Umum DPP KKB Andi Badi Sommeng, dan juga Askab PSSI,” jelasnya.

Salah satu tujuan kegiatan tersebut, lanjut dia, yakni untuk bibit pesepakbola Bulukumba untuk berlaga pada Porda atau Porprov 2022 mendatang.

Selaian itu kegiatan ini bertujuan mempererat silaturrahim antar club dan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-60 tahun.

“Perlu kami sampaikan, ada beberapa aturan yang berbeda dengan perhelatan sepakbola pada umumnya. Seperti jumlah pemain yang disiapkan maksimal terdiri dari 20 pemain, yang wajib diperkuat maksimal lima pemain dari Liga 3. Kami tidak ingin semua pemain Liga 3 berkumpul dalam satu tim,” jelasnya.

Selain itu, harus ada lima pemain yang lahir paling lambat 1 januari 2001, serta mewajibkan seluruh tim untuk diperkuat putra asal Bulukumba.

“Selebihnya bisa bergabung antara junior dan senior. Tidak boleh ambil pemain dari luar kabupaten. Teknisnya dan peraturan khususu akan kamj sampaikan nanti,” tambahnya.

Jumlah tim yang diagendakan bakal bertanding, yakni sebanyak 32 tim. Sementara jadwal pendaftarannya dibuka mulai 25 November 2019 hingga 10 Januari 2020.

Setiap tim diwajibkan membayar biaya administrasi sebesar Rp1,5 juta. Lokasi pendaftarannya dipusatkan di Sekretariat Askab PSSI Bulukumba.

“Untuk para juara nantinya akan memperebutkan piala bergilir dan tetap, plus uang tunai dengan total Rp75 juta bagi juara,” jelas mantan pemain sepak bola Gasiba ini.

Ketua DPP KKB Bulukumba Andi Badi Sommeng, menegaskan, meski dilaksanakan pada tahun politik 2020 mendatang, kegiatan ini tak ada hubungannya dengan politik.

Kegiatan ini murni dilaksanakan sebagai salah satu program kegiatan KKB, khususnya dalam bidang keolahragaan, dan juga sebagai persiapan menghadapi Porprov 2022 mendatang.

“Ini tidak ada hubungannya dengan politik, saya tegaskan itu. Kegiatan ini kita agendakan menjadi agenda tahunan KKB,” jelas Andi Badi Sommeng.

Sekadar diketahui, pelaksanaan kejuaraan ini diagendakan selama 20 hari. Pembukaan dimulai 15 Januari 2020.

Sekertaris Umum DPP KKB, Dr.Eng.H.Hendra Pachri,ST, MEng, mengemukakan, jika kegiatan ini telah mendapat support dari Bupati Bulukumba.

“Rencananya kejuaraan Sepak Bola Piala KKB ini akan dibuka langsung oleh Kapolda Sulawesi Selatan dan ditutup oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah,” ujarnya.

Kejuaraan sepak bola ini adalah pertama kali dilaksanakan dengan hadiah uang tunai terbesar Rp75untuk para juara. Dan akan berlangsung mulai 15 Januari hingga 3 Februari 2020 mendatang.

“Kita berharap kejuaran sepak bola terbesar di Bulukumba yang digelar DPP KKB ini berjalan lancar dan sukses. Sehingga tahun berikutnya kita agendakan lagi,” jelas Hendra Pachri. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply