BDRS RSUD Bulukumba Berbagi Tips Donor Darah yang Sehat

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Setelah mengetahui apa- apa saja keutamaan maupun manfaat dari donor darah. Berikut tips yang dapat dilakukan sesaat sebelum dan sesudah donor darah.

Sebelum melakukan donor darah, yang harus dilakukan adalah pertama persiapkan diri tentunya harus tidur yang cukup yakni 6-8 jam sehari.

Kedua hindari makan makanan yang memiliki banyak lemak. Ketiga minum air putih lebih banyak dari biasa. Dan terakhir atau yang ke-empat adalah jangan melakukan aktivitas fisik yang berat sehari sebelum donor.

“Hal ini dimaksudkan agar tubuh lebih siap dan maksimal. Sehingga darah yang di donorkan dapat lebih bermutu,” jelas Kepala BDRS RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Hj. Wati Safiuddin.

Selain mempersiapkan diri, juga terdapat hal – hal yang harus dilakukan setelah melakukan donor darah, yakni beristirahat selama 10 menit sesaat setelah donor, hindari aktivitas berat selama 12 jam kedepan.

Selain itu, jangan melepas plaster area suntikan setelah enam jam, dan disarankan mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kacang-kacangan dan daging merah.

Dikatakannya pula, bahwa yang boleh melakukan donor darah adalah mereka yang berusia diatas 17 tahun hingga 65 tahun, dan tentunya harus sehat jasmani dan rohani.

“Diharapkan setelah mengetahui manfaat donor darah, dan apa saja yang mesti dilakukan sebelum dan sesudah donor. Kita akan lebih paham dan siap dalam melakukan aksi sosial kemanusiaan tersebut, dan semoga akan lebih banyak lagi yang melakukan donor darah,” ungkapnya. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply