Humas RSUD Bulukumba: 4 Alasan Kenapa Kita Harus Donor Darah

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Mungkin anda pernah bertanya, kenapa aku harus donor darah?, padahal orang lain juga memiliki darah yang sama seperti anda, lalu kenapa anda harus donor darah?

Salah satu jawabannya, adalah karena darah itu bersifat limited edition sesuatu yang sangat spesial yang hanya bisa ditemukan dari individu yang satu ke individu yang lainnya, atau dari manusia yang satu ke kemanusia lainnya.

Tentunya darah tak seperti obat anti biotik maupun generik yang cukup mudah ditemukan di apotek. Karena darah merupakan sesuatu yang spesial pastilah memiliki peran dan fungsi yang sangat vital terhadap kehidupan manusia.

Namun tahukah anda, selain jawaban diatas terdapat alasan- alasan medis terkait kenapa harus donor darah.

Kasubag Humas dan Promosi Kesehatan RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah, mengatakan, setidaknya ada 4 alasan kenapa harus donor darah.

“Pertama, dengan donor darah kita telah membantu korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah. Kedua, membantu pengobatan dan penyembuhan penyakit. Ketiga, membantu pasien yang menjalani operasi besar,” ungkapnya.

Dan yang paling penting atau yang ke empat, menurut Mala, donor darah dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

Dengan jawaban dan alasan medis diatas, kira – kira masih belum mau donor darah?

Selain memiliki fungsi sosial membantu sesama, donor darah juga sangat bermanfaat bagi pendonornya, yakni dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit berat seperti jantung dan kanker, melancarkan sirkulasi darah, dan tentunya akan membentuk sel – sel darah merah baru

“Pasti sudah paham kan, kalau begitu mariki’ donor darah. Donor darah sangat baik untuk kesehatan,” imbuhnya. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply