Persiapan New Normal, RSUD Bulukumba Imbau Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Beberapa skenario yang diterapkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dalam mendukung pemerintah dalam penerapan new normal, khususnya dalam proses pemberian palayanan kesehatan ke masyarakat.

Seperti diketahui, saat ini sejumlah daerah di Indonesia sedang mempersiapkan kehidupan baru atau new normal pasca Covid-19. Pemerintah pusatpun telah menyusun skenario tahapan untuk menerapkan new normal di Indonesia secara keseluruhan.

Kasubag Humas dan Promkes RSUD Bulukumba, Gumala Rubiah, mengatakan  walau new normal nantinya berlaku tapi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tetap harus waspada walau aktivitas kembali normal, guna mencegah terjadinya penularan,” kata Gumala Rubiah.

Dirinya mengatakan, setidaknya terdapat 7 protokol kesehatan dalam penerapan new normal yang harus dipatuhi, yakni, pertama, jaga kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Kedua, penerapan etika batuk dan bersin, yakni dengan cara menutup hidung dan mulut dengan kain dan tisu setelah itu dibuang ke tempat sampah, Ketiga, hindari menyentuh bagian wajah dalam kondisi tangan belum bersih.

Keempat, selalu menggunakan masker bila keluar rumah, Kelima, terapkan social distancing atau jaga jarak aman yaitu 1 sampai 2 meter, Keenam jika merasa kurang sehat lakukan isolasi mandiri dan jangan bepergian, Ketujuh, jaga kesehatan dengan meningkatkan imum tubuh

“Disiplin dalam penerapan protokol kesehatan merupakan kunci untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19,” pungkasnya.(*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply