Ketua Komite PPI RSUD Bulukumba Bagi Tips Etika Saat Batuk dan Bersin di Tempat Umum

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Corona virus Disease 2019 (COVID-19), adalah hal yang paling mengkhawatirkan saat ini ketika sedang berada diluar rumah atau di tempat umum. Pasalnya, Covid-19 dapat menular melalui media droplet atau percikan cairan ludah.

Karenanya, saat batuk atau bersin di tempat umum, harus tahu betul etikanya yang benar. Hal ini harus diperhatikan untuk mencegah penularan COVID-19 tanpa disadari.

Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan, mengatakan, ada beberapa prosedur etika batuk dan bersin saat berada ditempat umum.

“Pertama ketika batuk atau bersin tutup hidung dan mulut dengan menggunakan tisu/sapu tangan atau lengan baju. Kedua segera buang tisu yang telah digunakan ke dalam tempat sampah. Ketiga segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Ke-Empat gunakan masker,” kata Ketua komite PPI RSUD Bulukumba, dr. Hj. Ariani Said Culla.

Keempat Cara tersebut, setidaknya dapat mengurangi penyebaran mikroorganisme (kuman) penyebab infeksi atau penyakit.

Selain itu, dr. Ariani juga mengajak untuk terus meningkatkan daya tahan tubuh tentunya dengan istirahat yang cukup dan selalu mengkomsumsi makanan sehat dan bersih.

“Tujuannya agar meningkatkan imunitas supaya tubuh kebal dan tidak mudah terserang penyakit,” pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply