“4ppakabaji” Kompaknya Legislator Koaliasi Parpol Sosialisasikan Harapan Baru

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, telah melakukan pengundian nomor urut sebagai salah satu tahapan Pilkada Bulukumba yang akan dilaksanakan pada 9 September 2020.

Empat paslon yang akan berlaga di Pilkada telah memiliki nomor urut sebagai salah satu alat sosialisasi, untuk Pasangan calon H Andi Muchtar Ali Yusuf dan H Andi Edy Manaf mendapatkan nomor urut 4.

Usai pencabutan nomor urut, seluruh tim dan mesin partai Harapan baru bergerak massif, tak terkecuali para legislator yang tergabung dalam partai koaliasi paslon bertegline “Dikerja Bukan Dicerita” kini terus aktif mensosilisasikan jagoaannya.

Bahkan legislator yang tergabung dalam koaliasi harapan baru kompak bersosilisasi, seperti yang terlihat di gedung DPRD Bulukumba, para legislator partai pengusung Harapan Baru pamer kekompakan dengan berpose menggunakan pamplet bertulis nomor 4 yang tak lain nomor urut Paslon Andi Utta-Edy Manaf.

“Insya Allah bersama teman-teman legislator partai koalisi harapan baru akan bergerak bersama dalam mendapatkan dukungan masyarakat Bulukumba, “ucap Hj Nuraidah legislator Partai PAN. Rabu 24/09/2020.

Calon Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, mengatakan angka 4 adalah angka yang menarik bagi dirinya bersama Edy Manaf, dengan berbagai alasan serta pengartian sendiri.

Menurut Andi Utta, bagi masyarakat Bulukumba, yang ada Bugis dan Konjo, angka 4 indentik dengan nilai-nilai kemanusiaan dan empat sisi kesempurnaan alam biasa disebut ‘Appa Sulapa’ atau ‘Sulapa Appa’. Melalui itu bersatu padu untuk kabaikan.

Menarik lanjut dia, angka 4 seperti petunjuk kemenangan yang arahkan ke pihaknya. Jargon Dikerja Bukan Dicerita yang selama ini digaungkan masyarakat seperti tergambar dalam angka 4 itu.

Angka empat umumnya disebut masyarakat Bugis dan Konjo Bulukumba Appa. Appakabaji atau Appakahaji berarti memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi kehidupan, serta Appakalebbi pada versi bugisnya, kata yang sama-sama mengandung makna kebaikan berbuat nyata untuk masyarakat.

“Nomor yang menarik, Appakahaji atau Appakalebbi seperti filosopi orang Bugis-Konjo Bulukumba,” kata Andi Utta usai pleno pengundian nomor urut di KPU Bulukumba, Kamis (24/9/2020).

Dia menambahkan, dengan melekatnya nomor urut 4 pada Paslon Harapan Baru, menjadi pertanda bahwa mereka siap meraih kemenangan demi kesejahteraan masyarakat Bulukumba kedepannya.

“Kita ingin meraih kemenangan dengan hormat tanpa merusak nilai persaudaraan antara sesama warga Bulukumba,” tambahnya.

Sedangkan Edy Manaf berkelakar bahwa angka 4 adalah angka berkah yang sarat kemenangan.

Politisi PAN itu mengatakan, ia sudah dua kali berstatus sebagai calon wakil Bupati di Pilkada Bulukumba. Dalam dua kali tersebut seperti tanda untuknya membuktikan untuk menang. Dan angka 4 diyakininya nomor urut berkah yang sarat akan kemenangan.

“Jika dua ditambah dua digabung, maka akan mendapatkan angka empat. Insyaallah ini pertanda baik yang merupakan berkah dari yang maha kuasa. Insyaallah menang,” ujar Edy Manaf optimis.

Olehnya ia mengaku jika Harapan Baru diberi amanah akan ada misi 4P, sektor unggulan yang menjadi fokus prioritas pembangunan di Bulukumba yakni, pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata.

“Empat sektor itu yang harus segera digerakkan demi kesejahteraan masyarakat Bulukumba,” pungkas Edy Manaf. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply