Agar Tidak Dehidrasi saat Cuaca Panas, Lakukan 3 Hal Ini

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Seperti diketahui Cuaca panas telah melanda sebagian wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Bulukumba. Dalam kondisi demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kecukupan asupan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Kasubag Humas dan Promosi Kesehatan, RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah, menyebutkan bahwa jangan pernah menganggap enteng efek dari dehidrasi.

Dikatakannya, Dehidrasi dapat menyebabkan efek buruk terhadap tubuh. Diantaranya, mudah lelah dan mengantuk, kurang fokus, serta gangguan ginjal bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal.

“Kinerja ginjal jadi terganggu karena kurang air. Inilah yang jadi penyebab awal dari gagal ginjal,” kata Gumala Rubiah.

Kekurangan air ataupun dehidrasi akan sangat berdampak pada kesehatan. Secara normal manusia didesain pada suhu yang stabil. Namun, harus ditunjang dengan pemenuhan asupan cairan

“Kita tahu bahwa 60 – 70 persen tubuh kita terdiri dari cairan. Oleh karena itu untuk menjaga suhu tubuh tetap normal harus memenuhi kebutuhan cairan,” tuturnya.

Olehnya itu, Gumala menyarankan agar memperhatikan kebutuhan air di dalam tubuh setiap hari, terutama pada saat cuaca panas seperti saat ini.

berikut 3 hal sederhana yang dapat dilakukan agar terhindar dari dehidrasi.

Pertama, Konsumsi lebih banyak air saat cuaca panas, karena manakala kita tidak memiliki cadangan air lagi dalam tubuh kita, suhu tubuh akan meningkat.

Kedua, Hindari radiasi matahari dalam waktu yang lama, karena sengatan terik matahari langsung dapat lebih menguras cairan tubuh.

Ketiga, Hindari memakai pakaian yang berat atau tebal, sehingga dapat lebih leluasa dalam beraktivitas. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply