Dokter Ahli Jiwa RSUD Bulukumba Ungkap Ada Peningkatan Pasien Depresi Selama Pandemi Covid 19

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Andi Yuswardani, Sp.KJ.,M.Kes, saat menjadi narasumber di sebuah acara talk show dalam rangka memperingati hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Menurut dr. Yus sapaannya, terdapat beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut dapat terjadi, salah satunya karena banyak masyarakat yang kehilangan kesempatan yang disenanginya selama pandemi covid 19, seperti jalan-jalan, belanja, berwisata dan lain-lain.

“Belum lagi adanya penurunan omset dari usaha yang dilakukan. Bahkan adanya pemberhentian hubungan atau kontrak kerja yang memaksa seseorang untuk berpikir keras,” ungkap dokter ahli kesehatan jiwa RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, dr. Andi Yuswardani, Sp.KJ., M.Ked, Rabu (21/10/2020).

Harus diakui, bahwa perubahan dimasa pandemi ini memaksa individu untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru. Namun tidak semua individu siap untuk dapat beradaptasi, sehingga itu menimbulkan masalah kesehatan kejiwaan.

Olehnya itu, dr. Andi Yuswardani, menyarankan untuk selalu berpikir positif, jangan cemas dan perbanyak istirahat. Jika istirahatnya baik, akan membuat seseorang dapat lebih fokus.

“Dan yang terpenting menurutnya adalah selalu beribadah dan berdoa kepada Allah SWT, harus yakin dan percaya bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya,” tandasnya.

Ia juga menyarankan, jika hal itu berlanjut dan berlangsung lama untuk sesegera mungkin memeriksakan kondisinya pada tempat layanan kesehatan seperti di rumah sakit, sehingga dapat ditangani dan mendapat terapi yang lebih cepat. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply