RSUD Bulukumba Ungkap Sering Halusinasi Hingga Curiga Tanpa Alasan, Ciri Utama Gangguan Jiwa Skizofrenia

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM – Sering mengalami Halusinasi Hingga Curiga tanpa alasan, hati – hati, Bisa jadi itu gejala skizofrenia.

Disampaikan oleh dokter ahli jiwa, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, dr. Andi Yuswardani, Sp.KJ. Dimana halusinasi adalah salah satu gejala dari skizofrenia.

Skizofrenia sendiri merupakan kondisi di mana pikiran seseorang mengalami kekacauan dan tanpa arah.

“Orang dengan skizofrenia melihat sesuatu seperti terbelah, baik pikirannya, dan hidup dalam fantasinya”, ujar dr. Andi Yuswardani, Sp.KJ, saat membawakan materi penyuluhan Sehat Jiwa di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Civid 19 Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju, Senin (23/10/2020).

Hal ini, banyak yang tidak memahami dan menganggap dibuat-buat atau sedang cari perhatian, padahal tanpa disadari ini merupakan suatu gangguan.

Ia menambahkan orang dengan skizofrenia, umumnya mengalami halusinasi. Kondisi ini bisa berupa mendengarkan bisikan halus atau melihat bayangan dimana tidak mampu dilihat orang pada umumnya.

Selain halusinasi, lanjut dr.Yus sapaannya, orang dengan skizofrenia umumnya juga sering curiga yang berlrbihan tanpa alasan yang jelas, anehnya krcurigaan itu diyakininya.

Dalam bentuk lain, gejala skizofrenia juga bisa merujuk pada kondisi di mana seseorang memiliki tingkat percaya diri yang terlalu tinggi.

Contohnya, Seseorang bisa meyakini bahwa lawan jenisnya menyukai dirinya meski kenyataannya tidak, dan hal itu dia sampaikan ke banyak orang.

Olehnya itu, dr. Andi Yuswardani, mengimbau untuk selalu memperhatikan perubahan perilaku, terutama orang – orang terdekat seperti krluarga. Serta melakukan pemeriksaan kelayanan krsehatan agar grjala yang dialami tersebut tidak berlanjut. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply