Mahasiswi UMB Ciptakan 3 Produk Makanan Ditengah Pandemi Covid-19

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM – Masa pandemi covid-19 saat ini berbagai aktivitas kegiatan sehari-hari tentunya menjadi terhambat dan lebih banyak dilakukan di rumah saja, baik itu dalam bidang pekerjaan, wirausaha, maupun pendidikan.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa dalam situasi saat ini, kita justeru tetap dapat melakukan berbagai kreatifitas untuk mengembangkan keterampilan.

Hal ini dibuktikan oleh mahasiswa Prodi Kimia Universitas Muhammadiyah Bulukumba yang menghasilkan tiga produk makanan untuk memenuhi nilai tugas akhir mata kuliah ilmu kewirausahaan di tengah Pandemi Covid-19.

Produk yang mereka hasilkan diantaranya Kripik Kulit Kakao buatan Fitri Yulianti dan Putri Ramadhani, Selai Ubi Ungu buatan Mutmainnah dan Marsanda, serta Selai Pepaya buatan Musdalifah, Ainun Musfirah dan Sri Sumiarti.

Bahan pembuatan produk ini didasarkan atas pemanfaatan sumber daya yang cukup melimpah di daerah Bulukumba dan sekitarnya.

“Sehingga diharapkan produk ini dapat dikembangkan menjadi produk unggulan daerah,” kata Ardianto,S.Pd, M.Pd selaku Dekan Fakultas MIPA dan Sains UM Bulukumba, Rabu (10/2/2021).

“Produk yang dibuat oleh mahasiswa prodi kimia semester 1 ini merupakan hasil implementasi mata kuliah ilmu kewirausahaan yang sudah mereka jalani dan diharapkan dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha,”ujar Saadatul Husna, S.Si, M.Si Kaprodi Kimia UMB.

Sementara itu, Andi Nur Fitriani selaku dosen pengampu mata kuliah ilmu kewirausahaan mengungkapkan produk yang dibuat mahasiswa ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dimasyarakat.

Seperti pemanfaatan limbah kulit kakao menjadi produk olahan dapat mengurangi pencemaran lingkungan, serta pembuatan selai ubi ungu dan selai pepaya dapat meningkatkan daya guna dan nilai tambah dari ubi ungu dan buah pepaya.

Selain menggunakan sumber daya alam yang cukup melimpah, hal yang unik dari ketiga produk ini adalah label kemasan karena mencantumkan informasi tentang kandungan zat dan manfaat kulit kakao, ubi ungu dan buah papaya untuk kesehatan. Sehingga konsumen tidak hanya menikmati produk tersebut tetapi juga memperoleh pengetahuan,” jelas Andi Nur Fitriani. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply