Tim Pengendali Banjir PSDA Kembali Temukan Titik Penyebab Banjir

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM – Ketua Tim Pengendali Banjir, Andi Zulkifli Indra Jaya, terus mencari titik penyebab banjir dalam kota Bulukumba.

Kali ini, Andi Zulkifli yang juga Kepala Dinas PSDA Bulukumba ini, menerjunkan tim khusus pengendali banjir PSDA di sekitar Jalan Samratulangi. Lokasi ini di anggap sering terjadi banjir, apalagi saat musim hujan.

Hasilnya, tim menemukan ada tumpukan batu batu besar di saluran air, yang tersembunyi dibalik cor beton saluran.

Menurut informasi yang dihimpun di lokasi kerja bakti, batu batu tersebut sengaja di tumpuk oleh petani setempat untuk mendapatkan pasokan air untuk persawahan belakang Pasar Sentral Bulukumba.

“Jika saluran ini tertutup dengan batu- batu, maka, air akan mudah merembes keluar saluran ke badan jalan Jalur Dua di sepanjang Jalan Samratulangi, apalagi ketika hujan deras dengan curah hujan tinggi, pasti terjadi banjir. Kita sudah tangani dengan mengangkat batu batu dan sampah tersebut lalu memasang pintu air intake, tujuannya sistem buka tutup agar tidak lebih mudah mengatur air,” jelas Andi Zulkifili saat memimpin kerja bakti Tim Pengendali Banjir PSDA depan Pasar Sentral Bulukumba, Jumat (5/3/2021).

Kepala Seksi OP Irigasi PSDA Bulukumba, Muh Ansar, menambahkan, setelah pintu air intake terpasang, dirinya berharap setidaknya dapat meminimalisir terjadinya banjir.

“Kami akan terus memantau pintu air intake ini, dengan meminta petugas kita agar memperhatikan pengaturan kondisi air baik saat hujan maupun tidak hujan.  Kita juga berharap tidak ada lagi masyarakat yang membuang atau menumpukkan batu batu ke saluran air yang ada depan Pasar Sentral Bulukumba, dengan maksud kepetingan tertentu. Ketika saluran ini ditumpuknm dengan batu batu, maka rawan terjadi banjir di sepanjang Jalan Samratulangi,”kata Ansar. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply