Genangan Air Kota Bulukumba Teratasi, Bukti Perjuangan Tim Pengendali Banjir Keruk Sedimentasi Saluran Kanal dan Drainase Hingga Larut Malam

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM – Bupati Bulukumba H. A Muchtar Ali Yusuf sangat serius dalam permasalahan penanganan banjir di kota Bulukumba, apalagi sejak Rabu dini hari 5 Mei 2021 curah hujan yang turun cukup lebat dengan durasi waktu yang lama di kabupaten Bulukumba.

Tim Satgas Pengendali Banjir yang dibentuk oleh Bupati untuk mengawal salah satu program 100 hari kerja Bupati dan Wabup yakni mewujudkan Bulukumba sebagai “Kota Bebas Banjir” tampak seolah tak mengenal lelah untuk terjun langsung mengeruk dan mengangkut sedimentasi yang menghambat saluran kanal dan drainase di sejumlah titik kota Bulukumba.

Tak hanya itu, alat berat juga tampak turut diterjunkan Bupati guna memudahkan Tim Satgas Pengendali Banjir untuk mengangkut sampah dan sedimentasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Akrim Amir menuturkan biasanya di Bulukumba jika terjadi hujan lebat dengan durasi waktu yang lama, air akan tampak meluap di beberapa titik yang telah menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

“Tahun sebelumnya jika terjadi hujan lebat seperti ini, sudah terjadi luapan air dibeberapa titik yang memang jadi langganan tiap tahun, Tapi kali ini titik itu juga tidak ada lagi genangan air,” jelas Akrim.

Sementara itu Ketua Tim Pengendali Banjir yang juga Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Bulukumba, Andi Zulkifli Indrajaya mengungkapkan Tim Pengendali Banjir akan terus giat melakukan pemantauan menyusul hujan sejak sore hingga larut malam.

“Saat ini kami beserta Tim Kendali Banjir masih berada di lapangan untuk terus memantau dan mengurai genangan air akibat derasnya hujan mulai sore sampai malam ini. Bahkan tim bekerja hingga begadang tembus sahur,” ungkap Andi Zulkifli.

Andi Utta sapaan akrab Bupati juga pada setiap kesempatan tak henti-hentinya menghimbau kepada seluruh pihak terkhusus warga Bulukumba untuk senantiasa menanamkan rasa cinta untuk Bulukumba dimulai dari hal sederhana yaitu jangan membuang sampah disembarang tempat serta terus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta rasa kenyamanan dan keamanan di Bulukumba.

“ We Love Bulukumba, mari mulai dari hal yang kecil dulu yaitu jangan buang sampah sembarangan,” ucap Andi Utta beberapa waktu lalu. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply