Wujudkan MBKM, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UMB KKNT di Radar Selatan

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM – Program Studi (Prodi) Bahasa Indonesia mengadakan Pembekalan dan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2021 di Meeting Room Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Rabu (6/10/21) dan hari Kamis (7/10/21) program studi pendidikan bahasa Indonesia langsung terjunkan sebanyak 10 mahasiswa/i untuk mengikuti /MBKM program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) ke kantor redaksi Radar Selatan Bulukumba, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba.

Hal ini dalam rangka mewujudkan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem Anwar Makarim tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Program studi pendidikan bahasa Indonesia melakukan penandatangan MoU dengan pihak Radar Bulukumba.

“KKNT merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mengasah dirinya di luar kampus. Kegiatan KKNT diharapkan dapat mengasah soft skill kemitraan, kerja sama tim, dan leadership mahasiswa dalam mengelola program yang dijalankan di Radar Bulukumba sesuai dengan profil lulusan prodi pendidikan bahasa Indonesia yaitu menjadi seorang jurnalis,” imbuh Juliana Rahman, S.Pd., M.Pd. Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba terlihat begitu antusias mengikuti program MBKM ini karena mahasiswa dapat belajar mensinkronkan dan mensinergikan antara dunia akademik-teoretis dengan dunia empiris-praktis sehingga kepala LP2M Jihad Talib, S.Pd., M.Hum. mengharapkan.

“Pelaksanaan MBKM khususnya KKN Profesi yang ditempatkan di dunia kerja bidang jurnalistik yang melibatkan mahasiswa langsung terjun dan bersentuhan dengan profesionalisme kewartawanan merupakan salah satu bentuk implemetasi pembelajaran agar mahasiswa memiliki pengalaman dan keterampilan dalam dunia kerja. Olehnya itu, mahasiswa yang terlibat dalam program ini diharapkan benar-benar memaksimalkan diri untuk terlibat dalam setiap kegiatan di tempat KKNnya sehingga dapat menjadi bekal pengalaman kerja pada saat selesai nanti,” ujarnya.

Ibu Andi Alfina Listya Ningrum, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing mahasiswa KKNT menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program pilihan yang bisa di ikuti oleh mahasiswa semester 7. Apabila dimaksimalkan, KKNT ini akan memberikan manfaat yang basar baik kepada mahasiswa, Universitas dan juga masyarakat. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply