Fakultas Sains dan Prodi Peternakan UMB Jalin Kerjasama Pengusaha Ternak Sapi

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM, – Fakultas Sains Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) dan Prodi Peternakan UMB, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Dua pengusaha ternak sapi di Bulukumba, Jumat (10/6/2022).

Kegiatan ini di hadiri Ir. Suriya Darma, S.Pt. M.Si., IPM (Pimpinan CV. Surya Multifarm), Zainuddin Natsir (Pimpinan CV. Rumah Sapi D’Reppa). Ardianto S.Pd.,M.Pd Dekan FSains dan Ulva Dianasari, S.Pt., M.Si Ketua Prodi Peternakan.

Sebelum penandatanganan diawali pertemuan  Beta karoten (Bincang santai dengan pakar Peternakan) materinya yaitu strategi pengembangan sapi potong.

Ulva Dianasari, S.Pt., M.Si Ketua Prodi Peternakan, mengatakan, harapan kegiatan ini agar lulusan Prodi Peternakan dapat meningkatkan kompetensi yang berkualitas. Maka dalam pelaksanaan proses pembelajaran seharusnya Prodi dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) menjalin hubungan kerjasama agar penguasaan kemampuan belajar mahasiswa didapatkan melalui kegiatan belajar di kampus dan DU/DI.

“Kerja sama ini adalah sesuatu yang memang harus dilakukan untuk bisa bersaing dalam iklim usaha dan industri yang terus berubah. Jauh sebelum adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kami memang diminta untuk bisa memfasilitasi perguruan tinggi dalam menjalin kerja sama,” kata Ulfa Dianasari.

Lanjutnya, kerja sama ini tidak hanya sebatas pada seremonial dan tandatangan saja, tapi harus direalisasikan dengan apa keinginan perguruan tinggi dan apa pula keinginan DUDI, dicari titik temunya.

“Bagi DUDI yang belum pernah melakukan kerja sama memang bukan pekerjaan mudah, tapi dengan dibuat sistem yang baik akan bisa optimal. Kerjasama ini akan dapat memangkas proses rekrutmen karyawan nantinya,” jelasnya.

Dia menambahkan, Mahasiswa yang melakukan magang kerja akan dibuatkan data base sehingga jika kami membutuhkan dengan spesifikasi tertentu tinggal melakukan pemanggilan untuk diwawancara.

“Kerjasama ini harus menghasilkan simbiosis mutualisme, selain itu diharapkan juga dengan adanya kerja sama ini bisa membantu pemerintah meraih swasembada daging sapi nasional,” ungkapnya. (*)

Edito : Redaksi

Leave a Reply