Pengelolaan Limba Cair RSUD HSDR Ramah Lingkungan

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM – RSUDSulthan Dg Radja Bulukumba berfungsi melakukan proses pengelolaan Fisik terhadap air limbah rumah sakit yang mengandung senyawa organik yang dilakukan dengan proses pegolahan penyaringan air limbah atau biasa disebut sedimentasi.

“Untuk menghasilkan limba cair yang berkualitas setiap harinya Instalasi Sanitasi Pengolahan Air Limba (IPAL) RSUD HASDR melakukan pengawasan dengan cara melakukan uji fungi seperti pemantauan alat pengelolaan limba, Pengambilan sampel limba cair, dan pencatatan aut let limba cair,” ungkap Darmiati,SKM, Kepala Instalasi disaat melakukan pengawasan dan saat menguras kolam air.

Ditambahkan juga Muh. Serli, SKM Penanggung jawab Pengolahan limba Cair bahwa setiap harinya mengolah limba cair RSUD HASDR bersumber dari “Ruang rawat inap, Ruang rawat Jalan, IGD, Ruang Hemodealisa, Laboratorium, Farmasi, Administrasi dan Fasilitas Sosial lainya dan setiap harinya ini mengolah 4000 Kubik millimeter”

Ruting kita lakukan menguras kolam air, uji fungsi alat dan perawatan agar menghasilkan limba yang aman dan berkualitas Serta ramah lingkungan “ucap Muh Serli.

Sementara itu Kabid. Pelayanan Non Medik dan Penunjang Mediak H. Syafril Rahim, S. Kep. Ns, M. Kes menjelaskan bahwa pihaknya selalu menyediakan anggaran pemeliharaan IPAL melalui Anggaran BLUD.

“Kita aprisiasi teman-teman di sanitasi selalu melakukan pengawasan pengolahan limba sehingga tidak mencemarkan lingkungan di sekitar rumah sakit dan IPAL juga menjadi penilaian Akreditasi dan penilaian Adipura,” ungkap H. Syafril. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply