Tim Pembina dan Tim Penilai Adiwiyata Verifikasi Lapangan Calon Sekolah Adiwiyata

BULUKUMBA,INFOTANEWS.COM – Tim Pembina Adiwiyata Lingkup DLHK bersama Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten Bulukumba melakukan kunjungan verifikasi lapangan terhadap 4 sekolah di Bulukumba selama 2 hari, 30 November 2022 dan 1 Desember 2022.

Kedua sekolah tersebut, SDN 226 Balleanging, Kecamatan Ujung Loe dan SMPN 28 Bulukumba, Kecamatan Herlang, SDN 1 Terang-terang, Kecamatan Ujung Bulukumba, dan SDN 184 Palambarae, Kecamatan Gantarang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHK), Drs. Alfian A. Mallihungan, M.Si, mengatakan, Tim Pembina dan Tim Penilai Adiwiyata telah melakukan verifikasi lapangan. Sekolah yang di kunjungi sebelumnya sudah memasukkan dokumen Adiwiyata untuk dinilai secara administrasi kemudian tindaklanjuti dengan verifikasi lapangan.

“Dari hasil verifikasi lapangan hari pertama ada beberapa hal yang masih belum dibenahi utamanya di SMPN 28 Bulukumba masih perlu pembenahan fisik di pengolahan sampahnya, pemilihan sampah dan penghijauan. Kemudian di sekolah yang kedua tadi SD 226 Balleanging untuk fisik penghijauan sudah cukup bagus, pengolahan sampah juga sudah lumayan bagus, tinggal pengomposan untuk memaksimalkan. Kemudian perubahan perilaku penghematan energi dan air itu sudah dilakukan,” kata A.Alfian.

Lanjutnya, khusus SD 226 Balleanging itu tinggal bagaimana melengkapi dokumen yang dimasukkan di portofolio semuanya dia sudah punya tapi dia belum memasukkan jadi tinggal dilengkapi bekasnya.

“SDN 226 Balleanging telah menunjukkan bukti dokumentasi pelaksanaan kegiatan, tapi dimasukkan pada folder yg tidak sesuai penempatannya sehingga harus di perbaiki dan disesuaikan antara isian kuesioner dengan bukti dokumen yg dilampirkan. Berdasarkan temuan tersebut, pihak operator sekolah berjanji untuk memperbaiki dokumen paling lambat besok diserahkan perbaikannya ke Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten,” jelasnya.

Kemudian setelah ini semua rampung, kita dari tim penilai akan rapat kembali untuk menentukan berapa jumlah nilai setelah pemilihan administrasi dan verifikasi lapangan apakah sudah memenuhi nilai minimal 70 kalau sudah menjadi apa lolos sebagai Adiwiyata Kabupaten.

Tim Pembina Adiwiyata DLHK Bulukumba Syamsul Bahri, untuk hari kedua tim pembina dan tim penilai Adiwiyata, melakukan verifikasi lapangan di SDN 1 Terang-terang, Kecamatan Ujung Bulu, dan SD 184 Palambarae, Kecamatan Gantarang.

“Dari hasil verifikasi lapangan secara fisik SDN 1 Terang-terang dan SDN 184 Palambarae sudah bagus tapi dokumentasi kegiatan belum sepenuhnya termuat dalam dokumen portofolio. Sehingga masih diberikan kesempatan hari Senin untuk finalisasi dokumennya. Pada prinsipnya kedua sekolah tersebut telah melaksanakan Gerakan PBLHS tapi banyak yg belum terdokumentasi,” jelas Syamsul Bahri.

Lanjutnya, untuk calon sekolah Adiwiyata yang diverifikasi itu ada 4 sekolah yang diverifikasi lapangan. Kemudian untuk sekolah yang masuk tahap pembinaan tahap kedua menuju sekolah Adiwiyata di Kabupaten tahun 2022 itu masih ada 6 sekolah.

Kemudian yang lolos tanpa verifikasi itu sudah ada sebelumnya, yakni 6 sekolah terdiri dari 4 dari Madrasah pembinaan Kemenag dan 2 sekolah dari pembinaan Dinas Pendidikan.

“Verifikasi di lapangan di maksudkan untuk memastikan pemenuhan kriteria gerakan PBLHS yang merupakan persyaratan menjadi sekolah Adwiyata,” jelas Syamsul Bahri. (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply