RSUD Bulukumba Bagi Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Cuaca Ekstrim

BULUKUMBA, INFOTANEWS.COM – Terkadang panas terkadang pula hujan, pergantian musim dari musim kemarau ke musim maupun sebaliknya, biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal itu, dikarenakan tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu ataupun cuaca baru yang berbeda dari sebelumnya.

Jika kondisi seperti ini tidak segera mendapatkan perhatian maupun juga antisipasi, maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih mudah.

Beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti flu, batuk, pilek, masuk angin, hingga demam berdarah dengue (DBD). Apabila penyakit tersebut menjangkit, tentunya akan membuat tubuh menjadi tidak fit akibatnya aktifitas sehari-hari akan menjadi terhambat.

Lantas bagaimana caranya agar kondisi tubuh tetap fit saat cuaca ekstrim sekarang ini. Berikut tips Humas dan Promkes, RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Gumala Rubiah

“Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan agar kondisi tubuh tetap fit walau menghadapi cuaca ekstrim,” kata Mala.

Pertama, selalu konsumsi vitamin, seperti vitamin C yang banyak terdapat pada buah-buahan

Kedua, pastikan untuk Selalu Higienis/bersih dengan berPerilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), akan mencegah berkembanganya kuman dan bakteri

Ketiga, upayakan untuk selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal agar tidak menjadi saran bagi nyamuk penyebab demam berdarah.

Keempat, selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika cairan tubuh terpenuhi maka semua makanan yang masuk kedalam tubuh akan dicerna dengan baik, selain itu pasokan air yang cukup akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kelima, selalu menjaga asupan makanan dengan tetap memperhatikan kebersihannya

Keenam, usahakan makan saat lapar dan jangan ditunda-tunda sebab penurunan daya tahan tubuh juga dipengaruhi dengan membiarkan perut kosong.

“Itulah 6 tips cara menjaga kesehatan di musim penghujan atau cuaca ekstrim sekarang ini, semoga dapat bermanfaat,” tutupnya (*)

Editor : Redaksi

Leave a Reply